Validasi File dengan Checksum

Mungkin bagi sebagian orang sesudah men-download (mengunduh) file, file tersebut langsung digunakan. Semisal, video yang di-download dari Youtube langsung diputar untuk presentasi, namun apa yang terjadi kemudian? Video tersebut berhenti di tengah jalan. Salah satu solusinya adalah menyetel file tersebut hingga selesai untuk benar-benar mengetahui apakah file tersebut rusak/corrupt. Namun cara tersebut akan memboroskan waktu, lalu bagaimana caranya? Cara lain yang digunakan adalah checksum.

Checksum akan melakukan hashing pada file Anda dengan algoritma hashing seperti SHA1, MD5, SHA-256 dll. Hasil checksum adalah kode seperti ini

B20B956B5F65DFF3650B3EF4E758A78A2A87152101A04EA1804F993D8E551CEB

Pastikan bahwa hasil checksum sama dengan kode checksum yang disediakan oleh website tempat Anda men-download file. Jika tidak sesuai maka file tersebut RUSAK dan TIDAK BISA DIGUNAKAN.

1. HashSum

Aplikasi ini memiliki kemampuan validasi untuk tiga algoritma (SHA1, MD5, SHA-256). Pilihlah salah satu algoritma untuk menampilkan kode hash dari file. HashSum berbasis java sehingga untuk menjalankannya perlu meng-install java terlebih dahulu (Download java disini).

1. HashSum

Download HashSum disini.

2. MD5 and SHA Checksum Utility

Aplikasi ini memberikan verifikasi langsung kode hash dari server. Cukup pilih file yang indin di-validasi, centang algoritma, copas kode hash server, tunggu hasil hashing. Setelah hashing selesai tekan verify. Pilihan algoritma checksum yang disediakan adalah MD5, SHA-1, SHA-256, SHA-512. Aplikasi ini membutuhkan .NET Framework 3.5 agar bisa berjalan.

2. MD5 and SHA Checksum Utility

Download MD5 and SHA Checksum Utility disini.

3. sha256sum

Tool yang ketiga berbasis Command Prompt. Letakkan sha256sum.exe pada direktori yang sama dengan file yang ingin di-validasi. Buka Command Prompt dan arahkan pada direktori dimana sha256sum dan file yang ingin di-validasi berada.

3. sha256sum

Gunakan syntax berikut untuk menampilkan kode hash.

sha256sum.exe <nama_file_yang_ingin_divalidasi>

Ketik sha256sum.exe <nama_file_yang_ingin_divalidasi> tekan enter dan tunggu hingga hasilnya muncul.

Download sha256sum disini.

4. CertUtil

Utility yang terakhir adalah CertUtil. Program ini tidak perlu di-download dan di-install karena sudah menjadi satu dengan sistem operasi Windows. Berbasis Command Prompt juga seperti aplikasi pada nomor 3 sha256sum.

4. CertUtil

Gunakan syntax berikut untuk menampilkan kode hash.

CertUtil -hashfile <lokasi file dan file> MD5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: