Apa itu After Sales ?

Dalam pembelian barang elektronik seperti handphone, komputer, dan laptop kita pasti mendapatkan garansi entah 1 tahun, 2 tahun. Hal ini diberikan oleh vendor untuk memberikan jaminan bahwa barang yang Anda beli berkualitas. Jika barang elektronik tersebut mengalami kerusakan tertentu, Anda bisa mendapat 1 to 1 replacement selama syarat dan ketentuan garansi terpenuhi.

Di sini saya akan menjelaskan beberapa after sales dari handphone, selain membeli handphone karena sistem operasinya yang Android tentu Anda tidak ingin salah membeli dengan hp Android yang tiba-tiba harganya turun drastis pada saat Anda jual kembali (jual bekas) padahal Anda sedang butuh uang. Dengan makin banyaknya vendor-vendor lokar yang menggelontorkan hp Android tentunya Anda sebagai konsumen haruslah selektif dalam memilih hp Anda.

1. Layanan Garansi.

Garansi
Apakah pada saat Anda klaim garansi karena cacat dari pabrik dan Anda diminta untuk membayar? Seharusnya Anda tidak membayar sepeserpun kecuali uang parkir di service center. Misalnya layar hp Anda mengalami kerusakan pixel (ada bintik putih di layar dan tidak bisa hilang), Anda klaim garansi dan tentu melalui garansi layar diganti dengan yang baru atau kalau memang vendor berani ganti unit baru karena ini bukan kesalahan pemakaian dari user.

Jangan sampai Anda membeli hp yang kalau klaim garansi kita disuruh tunggu 5 hari lagi, 5 hari kemudian kita telpon apakah sudah selesai, akan tetapi disuruh menunggu 5 hari lagi dan terus berlanjut seperti itu. Jika memang bagus mengapa dalam waktu 5 hari tidak bisa selesai ?

2. Sparepart.

sparepart
Sparepart meliputi : layar, keypad, PCB, flexi layar, dan komponen elektronik lain di dalam handphone. Baru 3 bulan pemakaian, huruf di keypad sudah ada yang hilang 1 biji, memang tidak seberapa namun bisa menyulitkan dalam mengetik SMS ataupun chatting. Anda berencana mengganti dengan keypad yang baru, dan Anda tidak ingin susah payah mencari ke seluruh penjuru kota, ternyata hasilnya nihil karena memang keypad tidak diproduksi.

3. Harga jual kembali/jual bekas.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika dalam keadaan kepepet dan kita benar-benar butuh uang, maka handphone bisa disekolahkan. Harga jual kembali yang jeblok bukanlah handphone yang kita inginkan, bukan ?

4. Akesoris

Aksesoris
Meliputi : charger, kabel usb, silicon case, leather case, screen guard, casing pelindung (mika pelindung), dan casing hp. Pernahkah Anda melihat hp yang sudah kucel karena tidak dipasangi silicon case/mika pelindung, sayang bukan hp bagus harga jual kembalinya turun gara-gara tidak terawat dengan baik. Belilah hp yang aksesorisnya lengkap, sungguh sangat repot mencari screen guard yang cocok dan harus dipotong agar pas.

5.  Update dan upgrade system

jb to kitkat

Update adalah suatu peningkatan stabilitas dari smarphone agar lebih nyaman untuk pengguna, sedangkan upgrade adalah meningkatkan sistem operasi smartphone ke yang lebih baru, semisal dari Android 4.2.2 (Jelly Bean) ke Android 4.4.2 (Kit Kat). Update tidak merubah sistem operasi ke yang lebih baru, lebih ke arah perbaikan sistem yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: