Cara membaca partisi linux di windows

Komputer yang saya miliki menggunakan sistem operasi dual boot. Yang pertama adalah windows dan yang kedua adalah linux ubuntu. Kesulitan yang saya alami adalah ketika saya membutuhkan data di partisi linux maka saya tidak bisa secara langsung mengambilnya karena partisi linux tidak terbaca di windows. Oleh karena itu, saya mencari program agar bisa membaca partisi linux tersebut. Ada beberapa program yang saya temukan dan telah saya uji. Yang paling bagus adalah Ext 2 Volume Manager. Beberapa program hanya dapat membaca saja (meng-eksplor), namun tidak dapat menghapus data di partisi linux. Berikut keterangannya:

1. Ext2Fsd


Program ini mampu meng-eksplor, menghapus, meng-copy dari partisi linux. Kemampuan CRUD (Create Read Update Delete) dimiliki program ini.

Situs : http://www.ext2fsd.com/

2. Program lain
Ada beberapa program lain, namun hanya mampu membaca, dan tidak bisa menghapus, serta ada yang tidak support dengan windows 7 seperti:

a. Explore2fs
b. DiskInternals Linux Reader
c. Ext2 Installable File System For Windows

Referensi : http://www.howtoforge.com/access-linux-partitions-from-windows

2 thoughts on “Cara membaca partisi linux di windows

Leave a Reply

