Tutorial Cloning PC dengan Norton Ghost

Tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana cara meng-kloning PC step by step. Pengalaman yang ada selama saya kerja di PUSPELKOM UKDW (Pusat Pelayanan Komputer) baru saya dokumentasikan saat ini untuk kepentingan belajar bagi Anda yang ingin memperdalam soal cloning PC. Berikut langkah-langkahnya.

A. Hapus Deepfreeze (jika ada deepfreeze)

Pada langkah ini jika dalam komputer telah terinstall aplikasi deepfreeze maka harus terlebih dahulu dihapus, karena MBR untuk masing-masing komputer harus berbeda/tidak boleh sama dan harus unik. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi bentrok antar komputer dikarenakan adanya MBR yang sama dalam file system nya. Jika tikak ada deepfreeze terinstall maka langsung ke kloning PC nya.

  1. Masuk ke dalam deepfreeze dan set menjadi thawed


Boot thawed ini digunakan agar komputer dapat di-uninstall deepfreeze-nya. Setelah pilih opsi tersebut restart komputer Anda, jalankan installer deepfreeze dengan versi yang sama dengan yang terinstall di komputer untuk meng-uninstall deepfreeze. Ikuti prosesnya dengan perintah terakhir restart komputer.

B. Kloning PC
Matikan komputer Anda, lepas kabel powernya, hubungkan kabel data dari hardisk target ke port kabel data di motherboard master kloning. Kabel data di komputer master tetap terpasang pada motherboard master. Setelah tidak ada deepfreeze jalankan aplikasi Norton Ghost dan pilih Ghost Advanced, akan tampil kotak dialog sebagai berikut :

1. Pilih Clone dan akan menampilkan kotak dialog sebagai berikut, tekan next.

2. Secara otomatis telah memilih hardisk mana yang akan di-clone.

3. Kotakk dialog mengkonfirmasi bahwa ke-2 komputer akan di-clone. Komputer akan di-restrat untuk masuk kedalam aplikasi versi DOS Norton Ghost.

4. Windows akan restart dan pilih Norton Ghost perhatikan tampilan berikut :

Tekan next terus, hardisk master dan yang di-clone akan diinformasikan.

Terakhir adalah bagian ini tekan Yes hingga proses cloning selesai. Setelah itu masuk ke windows master untuk mengecek apakah windows master tidak rusak. Matikan kedua komputer dan hidupkan komputer hasil kloningan.

Jika Anda ingin mendownload materi ini dapat didownload disini

One thought on “Tutorial Cloning PC dengan Norton Ghost

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: