Setting ulang konfigurasi Java di Netbeans

Setelah Netbeans ter-install ada kalanya kita menginginkan untuk meng-upgrade versi java kita, versi terakhir dari java adalah versi 7 untuk jdk dan jre. Dalam laptop saya java yang terinstall adalah java versi 6 update 23 tentu saja dengan adanya versi terbaru saya menginginkan versi tersebut ter-install untuk memberikan hasil pemrogaman java yang lebih baik karena adanya perbaikan bug pada versi-versi terbaru dan peningkatan kinerja kompilasi java itu sendiri.

Langkah pertama adalah ekstrak source code jdk 7 dalam folder /, langkah berikutnya kita cari netbeans.conf pada direktori root (/). Setelah ketemu masuk ke terminal / konsole (pada KDE) sebagai root (pada ubuntu dengan perintah sudo su) dan ketik gedit /usr/local/netbeans-6.9.1/etc/netbeans.conf. Cari konfigurasi java pada bagian ini :

# Default location of JDK, can be overridden by using --jdkhome <dir>:
netbeans_jdkhome="/jdk1.6.0_23"

dan ganti folder lama dengan hasil ekstrakan java terbaru tersebut. Cek kompilasi java dengan menjalankan netbeans. Jika berhasil maka konfigurasi selesai.

Untuk windows cara yang dipergunakan kurang lebih sama dengan cara diatas, kita perlu mencari dimana netbeans.conf dan mengganti direktori java yang baru. Konfigurasi ini berlaku untuk semua versi Netbeans 5.5 keatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: