Belajar dari Sudut Pandang Biologi

Semua orang pasti mengenal apa itu belajar. Kata belajar dapat diartikan usaha untuk mendapatkan ilmu dari membaca buku. Pernah pada saat SMP saya pernah ditanyai teman saya mengenai belajar. “Sam, apakah kamu belajar terus setiap hari?” tanyanya, “Ya”, kataku. Teman saya langsung menimpali “Berarti kamu orang pintar!”, dengan nada menghina. Pada saat itu sayangnya saya tidak memberikan alasan mengapa saya memberikan jawaban tersebut, padahal saya bermaksud untuk mengatakan bahwa belajar dalam hal ini adalah suatu proses menerima “input” kemudian di – “proses” oleh pikiran dan memberikan “output” yang kita inginkan. Pahit memang rasanya “ditampar” oleh pikiran teman tanpa sempat membela diri.

Saya membaca buku tentang asal dan tujuan manusia. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa manusia memiliki nama ilmiah Homo sapiens, homo berarti manusia, sedangkan sapiens berarti bijaksana. Dari hal ini dapatlah dijadikan suatu dasar pikiran dalam pola pikir saya pada waktu SMP tentang proses input output. Bagaimanakah cara manusia biar menjadi bijaksana? Tentu saja dengan belajar.

Silogisme yang saya paparkan adalah:

-Semua manusia adalah Homo sapiens

-Semua Homo sapiens adalah makhluk yang belajar.

+Kesimpulan : Semua manusia adalah makhluk yang belajar.

Sekarang bagaimana jika manusia itu tidak mau belajar? Pertama-tama dibuat silogisme demikian :

-Semua manusia adalah makhluk yang belajar

-Semua makhluk yang belajar adalah Homo sapiens

+Semua manusia adalah Homo sapiens

Pertanyaan diatas dapat dijawab dengan silogisme maka silogisme menjadi berubah, yaitu :

-Beberapa manusia bukan makhluk yang belajar

-Beberapa makhluk yang tidak belajar bukan Homo sapiens

+Beberapa manusia bukan Homo sapiens

Jika ada manusia yang tidak mau belajar berarti bukan Homo sapiens ,berarti manusia tersebut bukan manusia, melainkan hewan karena manusia tersebut tidak mau belajar.

Leave a Reply

