Memperbaiki Power Supply Sendiri

Akhirnya bisa juga nulis blog ini, setelah menunggu beberapa lama untuk pergi ke kampus. Kejadian ini terjadi pada hari Jumat malem jam 22.30. Tapi baru sekarang ceritanya.Ok let’s check it out.

Psu 1

Mau membuat rencana sih pas hari itu mau ngapain malemnya,mikirnya pas malem itu juga. Sambil ndengerin musik yang ada,kepikiran ngerjain Sistem Operasi-nya pak willy, eh baru mau buka folder root, tau -taui kompienya mati pet.Ku cek stabiliser gak tewas, la trus ki ngapa?Begitu pencet tombol power CPU

“”BUUUUUMMMM””

Tiba2 ajah ada yang meledak. Wah gawat ney, mana gak ada duit , komputer malah rusak. Solusinya karena sabtu 17 Oktober ada pameran Komputer di JEC, apa sudah waktunya beli power supply baru yah?Tapi karena keterbatasan budget namun ketidakterbatasan kreativitas maka diputuskan untuk buka tuh kotak power supply nya.

Bau ‘roti terbakar’ tercium menyengat setelah membuka casing, karena casing tidak di baut / dalam keadaan setengah tertutup, bau juga sudah mulai tercium dari tadi.

Setelah mencopot berbagai macam kabel yang nancep di motherboard, psu (power supply unit) guwa taruh ke lantai,dengan wajah sedih TT_TT guwa lihat tuh ada bagian yang gosong di bagian kotak penutupnya. Kepikiran lagi deh mau beli baru,TAKUUUUTTT gak bisa perbaiki.
psu

Butuh waktu yang agak lama untuk mengetahui bahwa ada capasito yang meledak, 2 kakinya masih tersisa, isinya terburai keluar berada sekitar 10 cm dari tempatnya dipasang. OK lah q coba periksa tipenya 220 mikroFarad / 16 volt.
Psu2

Besok paginya nyoba ke toko komponen elektronik di Sarasy (karena paling lengkap ke Klaten,katanya!!!) dengan sepeda. Dibeli deh kapasitor seharga 250 rp . Bukkk!! murah banget ternyata, guwa pikir ampe 5000 gitu , yah karena transistor BC 109 udah 4000.

Ampe di rumah, ditunggu ampe jam 6 sore baru isa masang ,soale pas pagi bantu ortu di Toko sih.

At last komputer isa jalan lagi, dengan kreatif uang 1/4 rupiah bisa nyelametin kompie ku gak perlu ampe 300ribu. Walaupun harus dua kali nyolder karena patrian pertama gak kuat.

Kata Mutiara:

“bakat adalah 1% ide gila dan 99% kerja keras”

24 thoughts on “Memperbaiki Power Supply Sendiri

  1. perbedaan orang gila dan jenius sangatlah tipis!!!!!!
    gw maw nanya neh, klo kompi gw di hidupin, listrik di rmh lsg jeglag/ mati, tu gmn masalahnya bos ????????

  2. Jelas aja meledak. itu PSU kotor banget.. Debunya kliatan udah numpuk :p komputerkuK pernah panas banget. tnyatayg kuning udah 13volt lebih tp yg merah cuma 4 volt… setelah psu dibersihkan, normal lagi 12V dan 5V… aman ga sampe meledak :p

  3. Klo itu sih jelas, klo psu komp ku, klo habis Di pakai, trus saya diamkam 3jam saya nyalakan lg tdk mau menyala, hrs lepas kabel2 yg ad Di mainboard trus tancepin lg br bs nyala……gimana tuh benerinya boz , cpek cabut pasang, LG simbada 200rb, klo abal2, takut 1bulan rusak lg

  4. gmana kalo psunya gk mledak tapi kompiinya gk nyala,,, (pdhal psunya masi ngasi pasokan listrik, buktinya mouse masi bisa nyala) nahh,, silusinya gimana gan??? ane bingung ni,, sayang kompi kantor,, msa beli psu -_-

  5. Gan Yth, hehe..
    saya mau nanya masalah Power Supply nih gan,
    saya buka warnet sudah 2 tahun, 12 PC dan saya tinggal di ruko warnet dengan alat2 rumah tangga seperti kulkas, TV, mesin cuci, Rice Cooker dll.
    Daya PLN 2200, masih kuat mengangkat semua PC dan alat2 rumah tangga yang saya gunakan, sekarang saya tidak tinggal di ruko dan semua alat2 rumah tangga sudah di pindahkan ke t4 lain, yang tinggal hanya komputer 12 PC + Server. tetapi akhir-akhir ini daya 2200 tidak sanggup mengangkat 10 PC, dan sering sekring membanting jika hidup hanya 10 PC saja, aneh kan??
    jadi yang ingin saya tanyakan apakah ada pengaruh dengan Power supply yang sudah lama dan kondisi sudah kurang baik, dan menyebabkan kurangnya daya PLN yang 2200 tersebut??
    Jika iya saya mohon petunjuk apa yang harus saya lakukan.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

    • Ok terima kasih buat agan Isnaldi Winara

      Saya mau menyampaikan beberapa pendapat berkatian tentang pertanyaan Anda:

      1, “…yang ingin saya tanyakan apakah ada pengaruh dengan Power supply yang sudah lama dan kondisi sudah kurang baik, dan menyebabkan kurangnya daya PLN yang 2200 tersebut??”

      Iya bener berpengaruh karena IC yang ada di dalam power supply seprti kapasitor sudah gampang bocor elektrolitnya(ion listrik), ketika ada arus listrik masuk, ion listrik langsung diserap udara. Hal ini yang menyebabkan listrik jadi boros, saran saya lebih baik ganti power supply.

      2. “..sekarang saya tidak tinggal di ruko dan semua alat2 rumah tangga sudah di pindahkan ke t4 lain, yang tinggal hanya komputer 12 PC + Server. tetapi akhir-akhir ini daya 2200 tidak sanggup mengangkat 10 PC..”

      Pada saat ada 12 pc dan alat2 listrik rumah tangga masih bisa itu karena daya listrik terbagi dengan alat2 listrik lainnya seprti kulkas, TV dll, sehingga kerja kapasitor dalam menyimpan arus listrik tidak dalam lvel maksimal terus menerus. Pada saat alat2 listrik tersbut tidak ada otomatis kerja kapasitor jadi maksimal terus padahal daya kapasitansinya sudah lemah karena terbiasa arus listrik terbagi dengan alat2 listrik yang lain, sehingga tidak kuat mengangkat 10 komputer. Lebih baik Anda menyesuaikan arus listrik dengan standar komputer Anda.

      Selamat bekerja.

  6. Gan, ane minta tolong ni gan,
    mslahnya sma jga, tpi kalau ane meletus power supply nya saat daya lampu lemah gan atau biasa disbut spanning rendah,
    udah ane bersihin didlamnya,, tpi gak kunjung baik gan, malah meletus 2 kali, dan ane juga gak tau dimana bli power supply yg baru nya,,

    kira2 cara yang lbih ampuh slain bli yang bru dan diservis gmana menurut agan?

  7. min mau nanya kejadian sama kayak diatas pas waktu itu kehadian sdh lama ceritanya dapat komputer dari kantor bos trs thu ane cobain deh pas ane hidupkan loh kok gak hidup kata saya di monitor tidak tampil apa apa tapi tombl power normal kemudian saya cek lagi dgn matikan cpu dan menghidupkan lagi (maklum dulu newbie &gak berani buka casing nya ) sdh sya cek saya bingung trs saya lihat di front panel belakang komputer ada angka 230 v saya geserkan ke 115 v trs saya tncapkan pas mau tkan tombol power duar……listrik dirmh ane langsung padam sob nh pertanyaan nya saya bingung apakah sbaikny beli baru atau diperbaiki saja soalny power supply dgn mobo nya masih tertempel kabel kabel ny dan gak ane sentuh lagi smpe skrg smnjk kejadian itu udah lama kira ada 2012 kalau saya beli baru psu nya contoh nya trs saya pasang kabel dgn mobo yg lama itu komputer ya bisa menyala lagi gak sob saya takutnt pas ane udah bli saya tancapkan gk bisa lagi kejadianny ntar terulang lagi splusiny gimana sob

    • Dicek dlu PSU lamanya, tegangan e masih sesuai gak dg label di PSUnya. Kabel ijo dan abu2 di port paralel disambung pake kabel kecil. Hubungan dg multitester kabel biru dan hitam (untuk ground) dan periksa tegangane, juga kabel merah dan hitam. Kabel biru dan merah tergantung dari label di badan PSU, bisa aja kuning dan hitam. Klu salah satu dibawah tegangan standar berarti perlu ganti PSU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: